Tips Agar Panjang Umur dan Bahagia

Harapan hidup rata-rata orang Amerika pada tahun 2007 yang lalu adalah 75 tahun. Jumlah harapan hidup tersebut meningkat secara dramatis dalam 50 tahun terakhir. Harapan hidup yang meningkat sudah seharusnya dibarengi dengan peningkatan kualitas hidup sebab umur panjang dan kualitas hidup sama pentingnya.

Ibarat kata pepatah lama, untuk apa berumur panjang jika tidak bahagia. Artikel berikut ini berisi tips bagaimana mendapat umur panjang dan hidup bahagia sampai tua.




Kemampuan menikmati hidup sepenuh-penuhnya membutuhkan waktu dan usaha terutama dalam hal menjaga kesehatan dan mencegah penyakit datang.

Tubuh kita seperti sebuah mesin yang sangat kompleks yang butuh bahan bahan bakar berupa makanan, air dan udara untuk bertumbuh, berfungsi dan untuk memelihara kondisinya.

Seperti mesin, tubuh butuh perawatan rutin agar bisa bertahan lama dan berfungsi dengan baik di sepanjang kehidupan yang dijalani.

Hanya menggunakan fungsi tubuh sebagaimana mestinya dan meminimalkan tindakan-tindakan yang dapat mengganggu sistem tubuh akan membuat tubuh lebih kuat dan berdaya tahan lama.

Panjang Umur dan Bahagia Sampai Tua

Tips mendapatkan umur panjang dan bahagia

I’m old but i’m happy




Seperti halnya merawat mobil, kita pasti secara rutin akan mengganti oli, filter, ban dan ketika dijalanan kita tentu akan mengemudikannya dengan hati-hati, semuanya itu kita lakukan agar kondisi mobil jadi awet, tidak sering mogok dan kondisi mobil menyenangkan ketika dikendarai.

Begitu pula halnya dengan menjalani hidup ini, agar kita bisa hidup lebih lama dengan kualitas hidup yang menyenangkan, kita harus senantiasa melakukan “servis berkala” terhadap tubuh.

Menyirami jiwa dengan ajaran-ajaran agama, menyegarkan tubuh dengan konsumsi makanan sehat dan gaya hidup yang teratur.




Dalam hal kesehatan, ada dua hal yang sering menimpa tubuh yaitu kecelakaan dari luar dan penyakit dari dalam tubuh. Kecelakaan bisa di hindari tapi tidak bisa tolak, jadi yang bisa dilakukan adalah berhati-hati terhadap segala potensi dari luar yang bisa mengganggu kenyamanan tubuh.

Faktor kedua adalah penyakit dari dalam yang biasanya muncul akibat gaya hidup dan makanan yang tidak sehat yang berakumulasi menjadi sebuah penyakit.

Lakukan pemeriksaan kesehatan secara berkala untuk mengetahui kondisi kesehatan sehingga anda dapat melakukan tindakan-tindakan pencegahan terhadap munculnya penyakit. Belajar untuk mendengarkan tanda-tanda peringatan tubuh dan gejala-gejala kecil yang mungkin sudah ada tapi kurang anda perhatikan.

Seperti mobil, kipas radiator yang rusak perlu segera diganti, jika tidak maka akan merusak bagian mesin mobil yang lain.

Apa-apa saja penyakit yang kerap diderita dan bisa menyebabkan kematian? Berdasarkan laporan dariĀ Center for Diseas Control and Prevention (CDC), setidaknya ada 10 jenis penyakit berbahaya bagi pria yang harus di perhatikan secara serius dan melakukan tindakan pencegahan sedini mungkin.

Penyakit-penyakit tersebut umumnya menyerang saat usia sudah tidak muda lagi, artinya daya tahan tubuh sudah menurun dan kemampuannya menahan virus dan bakteri penyebab penyakit tidak kuat lagi. Pada saat itulah banyak penyakit yang timbul seperti serangan jantung, diabetes, tekanan darah tinggi, stroke dan gagal ginjal.

Oleh karena itu, untuk mendapatkan umur yang panjang dan bahagia maka setiap orang harus menjaga kesehatannya selagi masih muda.

Rajin berolahraga, hanya memakan makanan yang sehat, tidak merokok dan menghindari gaya hidup berbahaya seperti obat terlarang dan mabuk-mabukan yang hanya membuat hidup jadi tidak berkualitas.

Dan terakhir untuk mendapatkan umur panjang, hidup sehat dan berkualitas tentunya jiwa perlu mendapat siraman rohani agar stres dan emosi bisa tersalurkan dengan baik.

Tulis Komentar