Tips Menghitamkan Rambut Secara Alami

Bicara soal rambut, pasti semua orang ingin memiliki rambut yang sehat, hitam dan tentu dengan cara yang alami atau tanpa menggunakan bahan-bahan kimia. Melalui artikel pengensehat.com kali ini kita akan membahas bagaimana cara mendapatkan rambut hitam dan tebal secara alami.




Sebelumnya kita perlu tahu bahwa kondisi rambut mencerminkan kesehatan tubuh secara umum, artinya apa yang terjadi pada rambut biasanya mewakili kondisi kesehatan. Jika rambut berubah warna atau menjadi tipis maka kemungkinan ada masalah psikis yang sedang terjadi.

Salah satu cara yang umum orang lakukan untuk merawat rambut dan mendapatkan rambut yang hitam dan tebal adalah rebonding di salon kecantikan. Biasanya merawat rambut dengan cara ini butuh biaya dan perlu dilakukan secara rutin.

Selain itu beberapa orang juga kadang melakukan cat rambut untuk mengubah warna dan mempertebal rambut. Jika anda menggunakan cat rambut yang tidak bagus maka kemungkinan efek warnanya juga tidak akan bertahan lama.

Menghitamkan rambut dengan cat juga memiliki risiko sebab nantinya rambut akan memanjang dan membuat warna rambut justru menjadi belang-belang.

Tentu dengan efek yang seperti itu sangatlah tidak bagus untuk mendapatkan rambut hitam, karena itu melalui artikel kali ini kita akan memberi informasi bagaimana cara menghitamkan rambut secara alami.

Namun sebelum kita membahasnya perlu juga untuk dipahami bagaimana rambut berubah warna menjadi merah atau putih. Dengan megetahui penyebabnya maka anda bisa menghindarinya.




1. Terlalu sering terkena sinar matahari secara langsung

Ini biasanya sering terjadi pada orang-orang yang memiliki aktifitas di luar rumah sehingga mereka sering terkena sinar matahari langsung namun mereka tidak memakai pelindung pada rambut mereka seperti topi atau payung.

Dengan begitu rambut kalian yang tadinya hitam akan memudar warnanya menjadi merah dan juga rusak karena terkena sinar matahari yang dapat mengeringkan rambut.

Cara menghitamkan rambut secara alami

Cara menghitamkan rambut secara alami

2. Terlalu sering mengecat rambut

Aktifitas seperti ini juga dapat merugikan rambut sebab cat memiliki kandungan kimiawi yang dapat mengganggu kesehatan rambut. Jika memang ingin mengubah warna rambut gunakanlah yang berbahan natural dan mendapat ijin edar dari BPOM, meski demikian cat rambut tidak boleh digunakan terlalu sering.

3. Memakai shampo yang tidak cocok pada rambut

Ada beberapa orang yang rambutnya memerah karena memakai shampo yang tidak sesuai dengan rambut mereka. Maka dari itu anda wajib memilih shampo yang sesuai dan cocok dengan rambut anda agar rambut tetap sehat dan terjaga.

4. Oleh faktor genetik

Seperti kata pepatah bahwa buah tidak akan jatuh jauh dari pohonnya. Sama halnya dengan anda yang memiliki orang tua dengan warna rambut coklat maka besar kemungkinan anda pun sebagai anak akan memiliki rambut yang berwarna coklat juga. Ini tidak bisa dipungkiri, bahwa faktor keturunan juga menjadi indikator pada warna rambut orang.

Resep Tradisional Menghitamkan Rambut Secara Alami

Setelah anda mengetahui beberapa penyebab warna rambut tidak hitam, berikut ini beberapa tips menghitamkan rambut secara alami dan permanen tanpa bahan kimia

1. Mengitamkan rambut dengan minyak kemiri

Minyak kemiri selain dapat digunakan sebagai bumbu dapur, juga dapat anda gunakan sebagai minyak rambut untuk membuat rambut anda jadi hitam dan tebal. Minyak kemiri memiliki kandungan zat yang dapat menyuburkan rambut.

Untuk memakainya anda cukup membeli minyak kemiri dan langsung digunakan sebagai minyak rambut pada pagi hari dan juga malam hari.




2. Gunakan biji pepaya untuk menghitamkan rambut

Buah pepaya selain dapat digunakan sebagai masker untuk perawatan wajah, biji buah pepaya juga dapat anda gunakan sebagai bahan alami untuk membuat rambut jadi hitam.

Caranya cukup mudah, kumpulkan biji buah pepaya cukup. Lalu tumbuk biji pepaya tadi dan dicampur dengan minyak kelapa. Tumbuk sampai halus. Setelah itu bisa anda oleskan ke rambut.

Setelah dioles, jangan langsung dibersihkan, tapi tunggu sampai 2 atau 3 jam kemudian baru dibersihkan. Melakukan tips ini secara rutin dapat membuat rambut anda benar-benar hitam dan berkilau secara alami.

3. Menggunakan mangga

Selain mangga dapat dimakan karena rasanya yang manis serta menggoda, mangga juga dapat anda gunakan untuk menghitamkan rambut secara alami.

Caranya juga mudah, siapkan buah mangga yang masih mentah lalu pisahkan dengan bijinya karena kita akan memakai daging buah mangganya saja. Jangan lupa juga untuk mengambil daun mangganya.

Setelah itu tumbuk buah dan juga daun mangga tadi dengan ditambahkan sedikit minyak kelapa. Setelah selesai ditumbuk, oleskan ke permukaan rambut lalu diamkan beberapa jam.

Demikian tiga bahan alami untuk menghitamkan rambut secara alami. Lakukan salah satu dari ketiga resep tradisional di atas secara rutin Insyal Allah rambut anda akan menjadi lebih sehat dan tentu saja lebih hitam.

Tips Untuk Menjaga Agar Warna Rambut Tetap Hitam

Setelah anda mendapatkan rambut yang berwarna hitam pekat dan juga tebal maka anda tentu perlu merawat dan menjaganya. Berikut ini beberapa tips cara menjaga warna rambut agar tetap hitam dan lebat.

  • Pakailah alat pelindung rambut jika anda ingin melakukan aktifitas yang lama di luar ruangan. Ini berfungsi agar sinar matahari tidak langsung kena ke rambut kalian.
  • Jangan lagi memakai shampo yang tidak sesuai dengan jenis rambut anda, pilihlah shampo yang menurut anda cocok untuk rambut anda.
  • Jangan memakai alat pengering rambut, catokan, atau ribonding. Terlalu sering menggunakan alat-alat tersebut rambut bisa menjadi rusak.
  • Jangan terlalu sering mengecat atau merubah-rubah warna rambut anda. Seperti sudah dijelaskan sebelumnya terlalu sering cat rambut dapat mengganggu kecantikan rambut.

Demikian beberapa tips menghitamkan rambut dan menjaganya agar tetap hitam dan lebat. Sehat itu mahal, jadi jagalah kesehatan anda. Semoga tips ini dapat bermanfaat untuk anda dan jangan lupa untuk melakukannya secara rutin untuk mendapatkan hasil yang maksimal sesuai keinginan anda.

Tulis Komentar

Loading...