7 Tips Bagaimana Menjaga Kesehatan Ginjal

Ginjal adalah salah satu organ vital manusia yang berfungsi untuk menyaring dan juga membersihkan darah. Karena fungsinya yang sangat penting maka setiap orang perlu mempelajari bagaimana cara menjaga kesehatan ginjal agar organ tersebut bisa berjalan normal tanpa gangguan yang berarti.

Ada sepasang ginjal yang dimiliki setiap manusia yang letaknya tepat berada di belakang perut atau abdomen. Ginjal memiliki ukuran yang cukup panjang yakni berkisar 11 cm, lebarnya sekitar 6 cm, memiliki ketebalan 3,5 cm serta beratnya sekitar 120 gram sampai 170 gram.




Peran ginjal ini sendiri sangat penting dalam mengatur keseimbangan asam-basa tubuh dan juga berfungsi untuk menyaring kotoran dan darah lalu membuang kotoran tersebut bersama dengan air dalam bentuk urin.

Menjaga kesehatan ginjal berarti menjaga kesehatan tubuh secara menyeluruh, ginjal yang tidak berfungsi dengan baik akan mengganggu kinerja tubuh yang lain, dan jika tidak segera disembuhkan dapat menyebabkan gagal fungsi.

Jika ginjal telah gagal fungsi maka tidak ada cara lain selain kita harus rutin ke rumah sakit untuk membersihkan darah kita dengan bantuan alat medis. Hal ini tentunya menyakitkan dan tentu saja menghabiskan biaya rumah sakit yang tidak murah.

Bagaimana Menjaga Kesehatan Ginjal dengan Benar

Karena itu, setiap orang wajib menjaga kesehatan ginjalnya sedari muda dengan cara menjalani gaya hidup yang sehat serta tidak memberi beban pekerjaan yang terlalu berat kepada ginjal dengan mengkonsumsi makanan-makan tertentu.

Berikut ini beberapa tips cara menjaga kesehatan ginjal yang bisa kita praktekkan di rumah agar terhindar dari penyakit ginjal yang berbahaya.




Tips Menjaga Kesehatan Ginjal

Tips Menjaga Kesehatan Ginjal

1. Menjaga pola makan teratur

Makan teratur dan benar akan meringankan beban kerja ginjal dalam menjalankan fungsinya. Karena itu semua makanan yang kita konsumsi harus benar-benar memiliki nilai gizi yang baik bagi tubuh.

Jauhilah makanan olahan dan mulailah mengkonsumsi makanan sehat segar seperti buah-buahan dan sayur-sayuran organik yang bebas pestisida. Makanan yang mengandung pestisida akan meracuni makanan yang kita konsumsi dan akan memberatkan kerja ginjal sehingga lambat laun ginjal akan rusak.

Jangan lupa juga untuk mengkonsumsi ikan dan daging tanpa lemak serta mengurangi konsumsi garam yang berlebihan.

2. Menjaga berat badan

Tips menjaga kesehatan ginjal yang kedua ini juga penting, karena jika kita memiliki berat badan yang berlebihan sangatlah tidak baik bagi kesehatan tubuh.

Organ tubuh akan bekerja lebih keras untuk mengikis tumpukan lemak-lemak dari badan dan berpengaruh pada fungsi ginjal yang lama-kelamaan akan membuat kinerja ginjal kalian menjadi lemah. Itu sebabnya menjaga kesehatan ginjal sangat penting.

3. Mengkonsumsi air putih setiap hari

Menjaga kesehatan ginjal dengan mengkonsumsi air putih sangat baik untuk kesehatan. Banyak dokter yang menyarankan kita untuk mengkonsumsi air putih sebanyak 8 gelas dalam sehari agar kesehatan ginjal kita tetap terjaga dan terawat.

Selain itu air putih juga dapat mengkontrol berat badan serta dapat meningkatkan sistem metabolisme di dalam tubuh.

4. Mengkontrol tekanan darah

Mengontrol tekanan darah agar tidak berlebih adalah salah satu dalam menjaga kesehatan ginjal. Biasanya penyakit ginjal dipicu oleh tekanan darah yang terlalu tinggi. Hasil penelitian menunjukkan sebanyak 35% penyakit ginjal disebabkan oleh tekanan darah yang terlalu tinggi.

Ada banyak faktor penyebab tekanan darah yang jadi meningkat, bisa karena makanan dan bisa juga karena masalah psikis. Dengan menjalani gaya hidup sehat dan seimbang maka tekanan jadi normal dan fungsi ginjal juga berjalan baik.

5. Berolahraga




Olahraga teratur sangat baik bagi kesehatan. Dengan secara teratur mengeluarkan keringat setiap hari berarti kita sudah membantu meringankan kerja ginjal dan tentu saja meningkatkan kesehatan kita secara umum. Olahraga teratur adalah salah satu cara menjaga kesehatan ginjal yang paling ampuh. Mulailah berolahraga hari ini juga.

6. Menghindari alkohol dan juga rokok

Semua perokok baik aktif maupun pasif memiliki risiko yang sama besarnya mengidap masalah kesehatan. Racun rokok yang masuk ke dalam darah akan memberatkan kinerja ginjal dalam menyaring darah. Selain nantinya akan mengganggu kesehatan paru-paru, rokok juga dapat merusak fungsi ginjal.

Sedapat mungkin jauhi orang yang sedang merokok agar anda tidak ikut-ikutan menghirup racun tersebut dan memasukkannya ke dalam darah anda.

Begitu juga dengan alkohol, mengkonsumsi minuman mengandung alkohol dalam jumlah berlebih dalam waktu yang lama akan merusak fungsi ginjal. Hindari alkohol dan gantilah dengan air putih bermineral.

7. Menghindari stress

Saat sedang dalam tekanan, tubuh akan bereaksi yang menyebabkan tekanan darah meningkat. Tekanan darah yang selalu meningkat sangat berisiko terhadap kesehatan ginjal.

Cobalah untuk lebih rileks dalam menjalani hidup dengan mengubah pola pikir yang agresif. Menjalani hidup dengan tenang akan membuat kita terhindar dari banyak penyakit seperti penyakit gagal ginjal.

Mulailah berhati-hati dengan makanan dan jagalah kehidupan spiritual anda agar hidup jadi lebih seimbang. Demikian beberapa tips menjaga kesehatan ginjal agar kehidupan jadi lebih sehat dan menyenangkan.

Tulis Komentar