9 Tips Untuk Menjaga Kesehatan Mata Anda

Mata adalah salah satu panca indera yang sangat penting dan vital yang berfungsi sebagai indera penglihatan. Jika fungsi mata terganggu maka tubuh akan sulit menjalankan aktifitas sehari-hari seperti layaknya manusia normal. Karena pentingnya fungsi indera ini, maka menjaga kesehatan mata adalah wajib dilakukan oleh setiap orang.

Mata adalah bagian tubuh yang sangat mudah rusak jika tidak dirawat dengan baik. Perawatan mata pun tidak boleh disamakan dengan merawat organ yang lain, area mata sangat lembut dan sensitif terhadap apa-apa yang memasukinya. Salah perawatan dapat membahayakan mata.




Dalam artikel pengensehat.com kali ini kita akan membahas beberapa tips bagaimana cara merawat dan menjaga kesehatan mata dengan benar.

1. Pencegahan

Seperti bagian tubuh lainnya, fungsi mata akan menurun dari waktu ke waktu, fokus menjadi lebih sulit didapatkan ketika usia sudah mencapai 45 tahun. Pada saat itu kacamata sebagai alagt bantu mungkin sudah diperlukan.

Lakukan tes glaukoma setiap dua tahun setelah usia anda mencapai 40 tahun. Glaukuma adalah kondisi mata yang berbahaya dimana nekrosis saraf optik secara perlahan melemah, dan biasanya terjadi karena adanya ketegangan yang berlebihan dalam bola mata. Jika seseorang dalam keluarga Anda ada yang memiliki glaukoma, Anda juga menjalankan risiko yang lebih tinggi.

2. Perlindungan UV




Apakah Anda tahu bahwa kornea Anda juga dapat terbakar matahari? Hal ini dapat menyebabkan “kebutaan” atau peradangan pada kornea / photokeratitis. Gejalanya adalah antara lain sakit parah, sangat sensitif terhadap cahaya, mata berapi-api merah dan berair. Dalam jangka panjang, UV berlebihan bahkan bisa menyebabkan penebalan konjungtiva dan kebutaan.

Itu sebabnya menggunakan kacamata merupakan hal yang sangat penting dalam menjaga kesehatan mata. Dan sebaiknya gunakan kacamata anti sinar UV filter optimal dengan UVA / UVB perlindungan UV400 minimum. Hanya dengan cara ini kacamata Anda akan memblokir sinar cahaya berbahaya dalam spektrum ultraviolet.

Tips menjaga kesehatan mata

Tips menjaga kesehatan mata

3. Udara Berkapasitas Besar

Kornea mata mendapatkan oksigen secara langsung dari udara. Mengapa? Karena kornea tidak memiliki suplai oksigen tersendiri. Jika Anda tinggal di ruang berasap atau memiliki ventilasi yang buruk, maka untuk menjaga kesehatan mata sebaiknya anda secara teratur keluar ruangangan dan menghirup udara segar sekaligus dan memberi mata anda asupan oksigen.

Selain itu, setiap pemakai lensa kontak perlu sesekali melepas lensa kontaknya dan menggunakan kacamata untuk memberi kornea kesempatan bernapas. Beberapa ahli mata juga menyarankan pengguna lensa untuk tidak memakai lensa mereka lebih dari 12 jam sehari.

4. Komputer

Salah satu menjaga kesehatan mata bagi pengguna komputer adalah menggunakan prinsip 20 – 20 -20 yang artinya setiap bekerja di depan komputer selama 20 menit, alihkan pandangan mata ke tempat lain yang berjarak 20 meter selama 20 detik.

Perbaiki juga pencahayaan komputer, jangan sampai terlalu terang atau terlalu gelap sebab dapat membebani kerja mata. Hindari menggunakan komputer saat tidak ada pencahayaan dan sering-seringlah berkedip untuk menjaga kelembaban mata.

5. Makan sehat

Kesehatan mata perlu juga dirawat dari dalam dengan cara mengkonsumsi makanan sehat dan baik bagi mata seperti wortel dan vitamin A. Semua vitamin dan mineral dalam wortel sangat bermanfaat untuk menjaga kesehatan mata. Saran utama namun sesuai dengan rekomendasi umum adalah melakukan diet sehat.




6. Perawatan mata pada Anak

Anak-anak biasanya bermain dan menyentuh barang yang kotor dan banyak bakteri. Jika memegang mata maka bakteri dapat mudah pindah ke mata dan menimbulkan penyakit di sana. Jangan biasakan menggosok mata anda meskipun rasanya gatal, dan jangan lupa cuci tangan Anda sebanyak mungkin sebelum Anda menyentuh atau menggosok mata Anda.

7. Kosmetik

Jika Anda menggunakan riasan mata, pilihlah produk yang telah mengalami pengujian alergi dan tidak mengandung bahan pengawet. Iritasi mata dapat merusak lapisan lipid pelindung yang menutupi kornea. Untuk menjaga kesehatan mata maka sebelum tidur, hilangkan terlebih dahulu maskara, pensil mata dan eye shadow dari bulu mata Anda dan kelopak mata Anda.

8. Krim Mata

Demikian pula dalam hal krim mata, gunakan produk yang tepat meskipun sedikit lebih mahal ketimbang produk pesaing. Baca dengan baik kandungan krim mata tersebut, jangan sampai mengandung bahan berbahaya. Misalnya, hindari krim yang mengandung minyak karena dapat mengganggu produksi air mata dan menyebabkan alergi. Juga hindari pemakaian krim wajah pada kontur mata Anda agar mata tetap sehat.

9. Benda Asing

Benda asing kecil dapat merusak kornea yang sensitif dan menyebabkan infeksi di dalam mata. Jika Anda menekan partikel kecil di mata Anda, maka partikel tersebut dapat menyebabkan luka kecil. Mintalah saran dari dokter mata. Jika perlu, spesialis mata akan bekerja menghilangkan benda asing tersebut dan kemungkinan memberi anda resep obat untuk mencegah infeksi dan rasa sakit.

Demikian beberapa tips menjaga kesehatan mata yang perlu anda ketahui. Jaga dan rawat baik-baik mata anda agar bisa anda pergunakan terus sampai usia anda tua nanti.

Tulis Komentar