Tips Makan Sahur yang Sehat Saat Berpuasa

Makan sahur sebelum berpuasa sangat dianjurkan oleh Agama agar kita tetap kuat dan tidak loyo seharian. Sayangnya beberapa orang makan sahur tapi dengan cara yang salah.

Berpuasa adalah salah satu cara untuk mendapatkan kesehatan dan atau untuk menyembuhkan penyakit yang sedang diderita. Dengan puasa maka tubuh akan mengeluarkan racun-racun yang menumpuk di dalam tubuh dan membuat sel-sel bisa melakukan regenerasi dengan cepat.




Bagi anda yang muslim maka puasa di bulan Ramadhan tentunya tidak hanya membuat tubuh lebih sehat tapi juga dapat mendekatkan diri kepada Allah.

Makan sahur bagi muslim sangat disarankan selama menjalankan ibadah puasa di bulan Ramadhan sebab salah satu kunci kesehatan adalah makan sehat dan bergizi.

Kekurangan vitamin akan menyebabkan daya tahan tubuh lemah dan mudah terkena penyakit. Tapi bagaimana mendapatkan kecukupan vitamin bagi muslim yang sedang menjalankan ibadah puasa di bulan Ramadhan? Melalui artikel pengensehat.com kali ini kita akan membahas beberapa tips sehat makan sahur selama bulan puasa.

Bulan Ramadhan adalah bulan dimana umat Islam diwajibkan berpuasa penuh di siang hari selama satu bulan. Menahan godaan lapar dan haus selama berpuasa tentu tidak mudah apalagi jika pekerjaan sehari-hari mengharuskan anda mengeluarkan energi yang cukup besar.

Tips Sehat Makan Sahur di Bulan Puasa

Tips Sehat Makan Sahur di Bulan Puasa




Oleh karena itu, untuk menjaga agar tubuh tetap sehat dan fit di siang hari kita perlu memperhatikan asupan gizi yang kita makan saat sahur dan saat berbuka puasa.




Umumnya orang yang berpuasa akan mengalami peningkatan kadar asam di lambung, dan kadar tersebut akan kembali normal saat memasuki buka puasa. Tentu saja kita tidak ingin sakit selama menjalankan ibadah puasa karena ini adalah kesempatan yang hanya datang sekali setahun.

Oleh karena itu agar tubuh tetap sehat dan gizi tetap tercukupi selama menjalankan ibadah puasa maka penting untuk mengetahui makanan apa saja yang baik dikonsumsi saat sahur dan jenis makanan yang sebaiknya dihindari.

Berikut ini beberapa tips sehat selama berpuasa yang perlu anda ketahui:

  1. Konsumsilah makanan yang mengandung asam lemak esensial yang berguna untuk menambah kekenyalan dinding sel tubuh.
  2. Perbanyak konsumsi sayuran hijau seperti buncis, kacang panjang, dan kacang polong.
  3. Tambahkan di menu anda suplemen yang mengandung banyak GLS (Gamma Linoleic Acid).
  4. Disarankan mengkonsumsi ikan karena mengandung banyak EFA (Essential Fatty Acid) dalam bentuk omega 3.
  5. Gantilah nasi putih dengan nasi merah.

Hal yang paling penting saat makan sahur adalah air, vitamin dan elektrolit. Konsumsilah air putih, sayur-sayuran dan buah-buahan.

Saat sahur atau malam hari sebaiknya hindari makanan gorengan karena makanan yang digoreng tidak memberi asupan air yang cukup dan mengandung minyak yang tidak baik bagi kesehatan karena menimbulkan radikal bebas di dalam tubuh.

Tips sehat selama bulan puasa yang terakhir adalah hindarilah makan terlalu banyak atau berlebihan ketika sahur dan saat berbuka puasa, hal ini untuk mencegah agar kolesterol tidak melonjak tinggi.

Tetaplah mengkonsumsi makanan yang sehat dan seimbang dan memenuhi kebutuhan tubuh dan jangan hanya mengikuti keinginan untuk makan saja.

Selama berpuasa kondisi tubuh akan menurun, tapi dengan makan sahur yang benar maka kesehatan akan tetap terjaga meskipun badan mungkin terasa lemah. Demikian beberapa tips makan sahur yang sehat selama bulan puasa, selamat mencoba.

Komentar dan Tanggapan

  1. ANGRAENI UTAMI NINGSIH June 15, 2012
  2. fathur June 6, 2016
  3. nena June 13, 2016

Tulis Komentar